Kamis, 19 Januari 2012

Jalan Mudah Menggapai Hidayah (Al-Ghazali)


Judul: Jalan Mudah Menggapai Hidayah; 40 Prinsip Agama ((Terjemah dari Kitab Arba'in Fi Ushuluddin, karya Imam al-Ghazali)
Penerbit: Pustaka Hidayah
Harga: Rp. 69.000,-

Selain Ihya' 'Ulumuddin, inilah salah satu mahakarya lain Imam al-Ghazali. Buku ini adalah bagian dari karya lain al-Ghazali, yakni jawahir al-Qur'an. Karena dipandang sangat penting, penulisnya tidak keberatan kalau bagian itu dijadikan sebagai sebuah buku tersendiri, yakni kitab Arba'in fi Ushuluddin.

Mengapa banyak orang yang rajin shalat tetapi berperangai buruk: sombong, ingkar janji, menipu? Mengapa ada orang yang rajin bcrpuasa tetapi korupsi? Mengapa orang bangga pergi haji dengan menggunakan uang haram? Semua itu karena mereka hanya memerhatikan aspek lahiriah syariat dan mengabaikan aspek batiniahnya. Akibatnya, tujuan syariat tidak tercapai. Boleh jadi seseorang telah memenuhi kewajiban-kewajiban lahiriah syariat. tetapi sama sekali ia tidak memperoleh manfaat apa pun dari amalan-amalannya, selain kesia-siaan belaka.

Tentang hal seperti inilah Allah SWT berfirman: Katakanlah. "Maukah kalian Kami beritahu tentang orang-orang yang paling merugi dalam amal-amalnya? Yaitu mereka yang sia-sia usahanya di dunia, sementara mereka merasa sudah berbuat sebaik-baiknya." (QS al-Kahf, 18:103-104).

Rahasia di balik berbagai amal ibadah dan muamalah seperti inilah yang dibahas dengan cukup menukik dalam buku ini. Buku ini terdiri atas empat bagian: 1) ilmu dan amal-amal lahiriah; 2) ilmu dan amal-amal batiniah: 3) akhlak-akhlak tercela yang harus dibersihkan; dan 4) akhlak-akhlak terpuji yang harus dijadikan hiasan.
Masing-masing dari empat bagian itu memiliki sepuluh cabang bahasan. Inilah sebuah buku yang sangat pantas dibaca oleh siapa saja yang ingin menapak jalan mudah menggapai hidayah dan melakukan amal-amal ibadah dan muamalah secara bermakna dan tidak sia-sia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar