Kamis, 19 Januari 2012

Fiqih Tasawuf


Judul : Fiqih Tasawuf
(Terjemah dari kitab Al-Ghunyah li Thalibi Thariq al-Haqq fi al-Akhlaq wa at-Tashawwuf wa al-Adab al-Islamiyyah)
Karya : Syaikh Abdul Qadir Jailani
Penerbit : Pustaka Hidayah
Harga : Rp. 59.000,-

Inilah sebuah karya yang komprehensif tentang fiqih, etika, dan tasawuf dalam Islam. Sesuai dengan judul aslinya, Al-Ghunyah, buku ini kaya dengan pesan-pesan religius Syaikh Abdul Qadir al-Jailani.

Buku ini di awali dengan prosesi keislaman, yakni beberapa hal yang harus dilakukan ketika seseorang hendak masuk Islam. Dalam bagian berikutnya, Syaikh Abdul Qadir memaparkan aspek akidah, berbagai konsep keimanan yang harus diyakini dan diketahui oleh setiap mukmin. Setelah itu dipaparkan masalah Ibadah, muamalah, dan doa-doa.

Setiap aspek dalam Islam harus dengan senantiasa disertai dengan etika, baik dalam hubungan vertikal (manusia - Allah) maupun dalam hubungan horizontal (manusia - manusia/sesama makhluk). Menurutnya, etika atau akhlak tak bisa dilepaskan dari semua aspek kehidupan manusia.

Syaikh Abdul Qadir al-Jailani selalu mendasarkan pendapat-pendapatnya pada nashsh-nashsh keagamaan yang valid. Bila tidak mendapatkan dalil dari Qur'an dan hadits, Syaikh menyandarkan pendapatnya pada riwayat dari para sahabat dan tabi'in yang terpercaya.

1 komentar: