Kamis, 12 September 2013

Sejarah Hidup Muhammad



Judul: Sejarah Hidup Muhammad
Oleh Muhammad Husin Haekal
Penerjemah: Ali Audah
Penerbit: Litera AntarNusa
Harga: Rp. 120.000,-

Tidak mungkin orang dapat mengenal Islam dengan baik, jika tidak mengenal sejarah orang yang membawa Islam itu.

Terjemahan lengkap dan apa adanya dari buku Dr. Muhammad Husain Haekal: “Hayat Muhammad” yang sudah cukup dikenal. Buku ini merupakan studi mendalam dan cermat tentang sejarah hidup Muhammad Rasulullah dan diteliti dari sumber-sumber Islam dan sumber bukan Islam yang penting. Muhammad sebagai manusia dan sebagai Rasul dibicarakan dengan seksama. Dalam peristiwa yang sangat kritis, di sana-sini penulis terpaksa berhadapan dengan pikiran awam dan sekaligus dengan tanggapan penulis-penulis luar. Semua itu dikemukakan dengan hati-hati dan logis. Dimulai dengan dua buah kata pengantar yang menilai tanggapan penulis-penulis Islam dan bukan Islam tentang beberapa masalah sekitar pribadi Rasulullah, kemudian penulis memulai telaahnya dalam dua bagian khusus tentang masyarakat Arab Pra-Islam. Kata pengantar ini mempunyai nilai sendiri yang perlu sekali kita baca.

Kelahiran Muhammad -masa anak-anak- waktu turnnya wahyu pertama- perjuangan selanjutnya sampai masa terakhir, dilukiskan jelas dan terinci, tetapi tidak bertele-tele. Segi kemasyarakatan dan budayanya serta pengaruh peradaban dan kepercayaan yang ada, ditutup dengan dua bagian penting. Pertama, kebudayaan Islam seperti dilukiskan Qur’an: kedua, Orientalis dan kebudayaan Islam. Edisi bahasa Arab diantar dengan kata perkenalan oleh Syaikh Muhammad Mustafa Al-Maraghi, Rektor Universitas Al-Azhar, Kairo, dan terjemahan bahasa Indonesia disambut oleh prof. Dr. Hamka.

Membaca buku sejarah Hidup Muhammad karya Muhammad Husain Haekal yang diterjemahkan oleh Ali Audah ini, rasanya sangat nikmat dan sedap; lebih-lebih jika dilakukan setelah bersembahyang tarawih dan bila suasana sudah agak hening.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar