Senin, 28 Mei 2012

Al-Qur'an Kita; Studi Ilmu, Sejarah dan Tafsir Kalamullah


Judul : Al-Qur'an Kita; Studi Ilmu, Sejarah dan Tafsir Kalamullah
Oleh : Forum Karya Ilmiah Purna Siswa 2011
Pengantar : Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad, MA
Penerbit : Lirboyo Press
Harga : Rp. 60.000,-

Disadari atau tidak, umat Islam dituntut untuk semakin memperhatikan dan mengkaji lebih jauh lagi tentang kitab sucinya. Ini merupakan keniscayaan yang tidak dapat dipungkiri. Bagaimana tidak, orang yang mengakui Islam sebagai agama dan keyakinannya, ternyata tidak mengetahui dan mengerti kitab sucinya.

Selama ini mayoritas umat Islam hanya mengerti bacaan dan membaca Al-Qur'an saja, tidak lebih. Sedangkan di luar lingkungan mereka banyak yang menggerogoti dan merobohkan pondasi pondasi umat Islam ini dari berbagai aspek, mulai dari fenomena wahyu, otentisitas teks al-Qur'an, sejarah yang meliputi al-Quran dan aspek-aspek lain yang mereka jadikan celah masuk untuk mengkaji dan mendalami al-Quran. Oleh karenanya, urgensitas ilmu-ilmu al-Qur'an tak hanya dilihat dari aspek pengetahuannya saja. Lebih dari itu, ilmu-ilmu al-Qur'an merupakan modal berharga untuk memperkokoh tembok keyakinan umat Islam saat ini.

Buku ini sangat layak untuk dibaca oleh para pengkaji al-Quran dan peminat kajian keislaman lainnya. Karena di samping isinya yang sarat dengan pendapat-pendapat para pakar Ulumul Qur'an dari kalangan ulama al-Salaf al-Shalih, bahasanya juga sederhana dan mudah dipahami. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar