Selasa, 22 November 2011

Terapi Ghibah


Judul: Terapi Ghibah; Penawar Bagi Orang yang Suka Menggunjing
Oleh: Fuad Kauma
Penerbit: Isfa Press
Harga: Rp. 32.000,-

Saat ini, banyak dari kita yang terbakar rasa ingin tahu berita-berita tentang kehidupan orang lain yang dihembuskan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tidak peduli media apakah televisi, mulut atau dari mulut ke mulut di lingkungan sekitar kita.

Rasa ingin tahu yang besar mengarah kepada perbuatan yang mengorek-ngorek area pribadi orang lain. Masih untung apabila yang dibicarakan adalah sesuatu yang bersifat untuk kebaikan bersama. Tetapi bila untuk mencari kejelekan orang lain bagaimana? Ini sama saja mengumpankan dirinya untuk berghibah.

Suatu pembicaraan tergolong sebagai ghibah apabila seseorang menyebut orang lain dengan hal-hal yang tidak disukainya, serta menimbulkan amarah jika mendengarnya. Meskipun apa yang dibicarakan tentang seseorang itu sesuai kenyataan, tetap saja namanya ghibah. Sedangkan apabila tidak sesuai dengan kenyataan, itu namanya fitnah. Kita tahu bahwa fitnah adalah lebih kejam dari pembunuhan.

Buku terapi ghibah ini sangat bermanfaat bagi pembaca yang berniat membersihkan hatinya dari noda-noda hitam akibat sering menggunjing. Dalam buku ini memuat seluk-beluk ghibah. Bagaimana dan apa saja ghibah yang tidak berdosa, serta tips bagaimana agar seseorang berhenti untuk berghibah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar