Senin, 14 November 2011

Islam Tradisi; Studi Komparatif Budaya Jawa dengan Tradisi Islam


Judul: Islam Tradisi; Studi Komparatif Budaya Jawa dengan Tradisi Islam
Oleh: Ibnu Isma'il
Penerbit: Tetes Publishing
Harga: Rp. 30.000,-

Islam bukan agama yang hampa budaya. Ia hadir menyapa tradisi local secara adaptif-akulturatif. Mengisi ruang tradisi dengan nilai sakral-spiritual. Pada gilirannya Tradisi menjadi bagian nilai-nilai adiluhung dalam tata-norma agama.

Sebutlah “Wali Songo,” pembawa bendera Islam di tlatah Jawa. Melalui kedalaman samudra batin mereka, keluasan langit pikir mereka, ketegaran lembah himmah mereka, kejernihan embun tutur mereka, Islam datang penuh kesan, santun penuh hibur, hadir dalam damai dan tentram. Tentu hal demikian amat menarik ditengah pengap stratafikasi kasta, mitos Animisme-Dinamisme yang tak menyediakan ruang pikir untuk lebih kritis dan berkembang. Pada gilirannya, rakyat Jawa berbondong-bondong memeluk Islam.

Islam-Jawa yang identik dengan corak tradisi adalah cerminan watak dasar masyarakat familiar yang sangat sensitif dengan ‘rasa’ toleransi dan tenggang rasa yang tinggi. Sehingga akar kebersamaan begitu menghunjam dalam harmoni masyarakat. Hal demikian menjadi benteng tangguh di tengah tekanan hegemoni kolonial bangsa tiran yang dikenal dengan misionaris dan saikere; kerja rodi dan romushanya.

Lebih jauh mengenai Islam-Tradisi, bisa dibaca dalam buku sederhana ini mudah-mudahan manfaat dan berkah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar