Rabu, 28 September 2011

Referensi Penting Amaliyah NU & Problematika Masyarakat


Judul: Referensi Penting Amaliyah NU & Problematika Masyarakat
Oleh: Abu An'im
Penerbit: Mu'jizat
Harga: Rp. 55.000,-

Tokoh-tokoh NU sedang mengkhawatirkan keberadaan generasmya setelah diputarnya film islami yang sarat akan kntikan amaliyah ke-NU-an yang telah berjalan berabad abad tahun yang lalu seperti tahlil, ziarah kubur dan lain-lain. Mereka-mereka yang setuju dengan keberadaan film itu berasal dan orang-orang modernis yang memandang perilaku keagamaan kita telah menyimpang jauh dan tuntunan dan ajaran Islam sebab amaliyah yang kita lakukan dianggap bid’ah, tahayyul dan khurafat. Pendapat kaum modemis tersebut seolah-olah meragukan landasan teologis, bahkan cenderung meragukan kemurnian ajaran Islam yang tumbuh dan berkembang. bahkan menjadi tradisi yang menyatu dengan masyarakat muslim Indonesia.

Kalau kita paham tentang amaliyah ke-NU-an maka tidak akan mencelanya, sebab yang dilakukan memiliki dasar kuat dan aturan tertentu, kalau saja ada yang salah dalam melakukan amaliyah ke-NU-an itu bukan karena kesalahan ajarannya akan tetapi individualnya yang kurang paham aturan mainnya.

Dalam buku ini berisikan ibarot-ibarot (referensi) penting seputar amaliyah ke-NU-an dan persoalan ubudiyah. mu’amalah dan munakahah. seperti tahlilan, bermadzhab, bid’ah, sholat, jenazah, puasa, zakat, jual bell, gadai, aqiqah, qurban dan lain-lain.

Insya Allah ibarot (referensi) yang disajikan dalam buku ini sangat membantu para santri yang terjun ke lembaga bahsul masail atau santri yang sudah hidup bermasyarakat, sebab dalam ibarot mi selain menyajikan ibarot yang persoalannya sering terjadi di masyarakat ditambah garis besar penjelasan agar lebih mudah dipahami maksudnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar